Pengaruh Strategi Problem Based LearningTerhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Padang

Rahayu, Risma (2022) Pengaruh Strategi Problem Based LearningTerhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RISMA_RAHAYU_18329210_4370_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Padang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan Strategi Problem Based Learning, (2) hasil beajar Pendidikan Agama Islam Siswa, (3)seberapa besar pengaruh strategi Problem Based Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMK Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasioal. Populasi dalam penelitian iniyaitu kelas XRPL dan X UPW jika digabungkan berjumlah 67 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari seluruh populasi yang berjumlah 67 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, dengan strategi Problem Based Learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebagai variabel terikat menggunkan bantuan program SPSSversi25. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pelaksanaan strategi problem based learning di SMK Negeri 2 Padang telah dilaksanakan sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku, pelaksanaan strategi problem based learning ini memiliki beberapa tahapan secara umum, yaitu: menyadari masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan menentukan pilihan penyelesaian. Pelaksanaan strategi problem based learning di SMK Negeri 2 Padang ini berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 68,7%.(2) hasil penelitian variabel (Y) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMKNegeri 2 Padang tahun ajaran 2021/2022 berada pada kategori sangat baik/tinggi. Hal ini dibuktikan dari perhitungan interval 91-96 sebanyak 26 siswa dengan persentase 38,8%. (3) Berdasarkan perhitungan menggunakan uji T diperoleh nilai thitung sebesar 10,532 > 1,669dan nilai sig. 0,00<0,05,berarti strategi probem based learning secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Kemudian berdasarkan ouput yang diperoleh, diketahui R sebesar 0,676 dan nilai R Square sebesar 0,457.Hal ini berarti bahwa persentase pengaruh strategi problem based learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XRPL danX UPW di SMK Negeri 2Padang secara simultan adalah 45,7% sedangkan 54,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, berarti strategi Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik strategi Problem Based Learning maka semakin tinggi pula hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan bagi pihak sekolah/guru, perlu mempertahankan dan meningkatkan strategi problem based learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorWirdayati, WirdayatiUNSPECIFIED
CorrectorWIza, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:01
Last Modified: 19 Sep 2023 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46764

Actions (login required)

View Item View Item