Kontribusi Guru PAI dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SMAN 4 Sungai Penuh

Renaldi, Riski (2022) Kontribusi Guru PAI dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SMAN 4 Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RISKI_RENALDI_18329081_5616_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi yang telah peneli lakukan pada tanggal 17 Agustus 2021 peneliti di sekolah tersebut menunjukkan banyak hal positif yang bisa dipelajari serta dikaji untuk penelitian ini sebagaimana disampaikan oleh walikota Sungai Penuh pada tanggal 17 Agustus 2021 Drs.Ahmadi Zubir bahwa SMAN 4 Sungai Penuh adalah sekolah dengan penerima beasiswa mencapai 134 siswa dan juga berprestasi dalam menjaga lingkungan sekolah. Mengembangkan karakter-karakter disiplin seperti datang tepat waktu dan rajin membuat tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) Kontribusi Guru PAI Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di SMAN 4 Sungai Penuh, 2) Faktor-Faktor Penghambat Dan Pendukung Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di SMAN 4 Sungai Penuh. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Sungai Penuh.Teknik pengumpulan data yang digunakanya itu observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik tringulasi, pengecekan data kembali dengan teknik yang berbeda sehingga mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan pemaparan data dan analisis data yang telah penulis uraikan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sesuai dengan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Kontribusi Guru PAI Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di SMAN 4 Sungai Penuh. Guru di SMAN 4 Sungai Penuh khususnya guru PAI telah melakukan bentuk keteladanan dalam hal disiplin waktu, disiplin beribadah, disiplin dalam aturan kerapian, tanggung jawab akan kebersihan lingkungan, serta tanggung jawab dalam tugas-tugasyang telah diberikan. 2) Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplindan Tanggung Jawab siswa di SMAN4 Sungai Penuh .Faktor pendukung dan penghambatnya yaitu Guru, Orang Tua, teman sebaya dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:01
Last Modified: 19 Sep 2023 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46761

Actions (login required)

View Item View Item