Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Afrian, Nanda (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NANDA_AFRIAN_19029030_3017_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh peserta didik kelas XI MIPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP masih rendah, terlihat dari hasil tes awal peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan secara tepat sesuai dengan indikator-indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung serta mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW di kelas XI MIPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP, dengan kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, diperoleh P-value = 0,047. Sebab P-value kurang dari α = 0,05 maka H 0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:01
Last Modified: 19 Sep 2023 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46755

Actions (login required)

View Item View Item