Pengembangan E-modul Berbasis POE Berbantuan Computer-Assisted Feedback Konsep Siswa SMA pada Materi Dinamika Partikel

Ayani, Nabilah Ikrimah (2023) Pengembangan E-modul Berbasis POE Berbantuan Computer-Assisted Feedback Konsep Siswa SMA pada Materi Dinamika Partikel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Nabilah_Ikrimah_Ayani_19033113_3603_2023.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Selama wabah Covid-19 di Indonesia, pelaksanaan pembelajaran mengalami transformasi pembelajaran secara online, offline, dan hybrid. Transformasi pembelajaran tersebut diperlukan e-modul yang dapat digunakan secara online, offline, dan hybrid. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan e-modul berbasis POE (Predict-Observe-Explain) berbantuan computer-assisted feedback. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik e-modul dan menghasilkan e-modul berbasis POE pada materi dinamika partikel yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan jenis penelitian design research menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapan penelitian terdiri preliminary research; development or prototyping phase, dan assesment phase. Penelitian ini dilakukan sampai Development or Prototyping Phase pada tahap small group. Objek pada penelitian adalah e-modul berbasis POE berbantuan computer-assisted feedback pada materi dinamika partikel. Data yang diperoleh berasal dari hasil preliminary research dengan pengumpulan data wawancara dan lembar angket yang dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil self-evaluation dengan pengumpulan data lembar angket yang dianalisis teknik persentase. Hasil validasi oleh lima tenaga ahli yaitu dosen fisika FMIPA UNP dengan indeks validitas Aiken’s V. Hasil praktikalitas one-to-one dengan pengumpulan data wawancara dan lembar angket yang dianalisis teknik persentase. Hasil praktikalitas small group dengan pengumpulan data lembar angket yang dianalisis teknik persentase Penyusunan e-modul berbasis POE memfokuskan pada lembar kerja dengan sintaks POE yang dilengkapi computer-assisted feedback. Hasil self-evaluation diperoleh rata-rata 98,02% dengan kategori sangat baik. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,88 dengan kategori valid. Hasil one-to-one diperoleh hasil 86,30% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji praktikalitas oleh siswa dan guru (small group) diperoleh hasil 92,31% dan 96,67% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji coba e-modul juga menunjukkan bahwa e-modul berbasis POE dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa pada materi dinamika partikel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis POE valid dan praktis digunakan proses pembelajaran fisika dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi dinamika partikel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:00
Last Modified: 19 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46753

Actions (login required)

View Item View Item