Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 14 Padang

Putri, Nadia Rahmani Zulkarnain (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NADIA_RAHMANI_ZULKARNAIN_PUTRI_18033101_2552_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Rendahnya Penilaian Akhir Semester peserta didik di SMAN 14 Padang menjadi permasalahan yang penting dalam pencapian hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan hasil belajar yang rendah tersebut dapat diupayakan dengan melaksanakan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan maupun sikap peserta didik. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) yang menjadikan peserta didik berkolaboratif, berani bertanya serta mengemukakan pendapat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang berarti model pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI SMAN 14 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Quasi Experimental Research dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 14 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2022/2023. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini terdiri dari posttest dan lembar penilaian sikap. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi peserta didik yang terdiri atas kompetensi pengetahuan dan sikap. Hasil analisis data pada masing-masing kompetensi pengetahuan dan sikap dengan uji kesamaan dua rata-rata didapatkan nilai thitung > ttabel, pada kompetensi pengetahuan 2,05 > 2,00, dan pada kompetensi sikap 3,08 > 2,00. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student facilitator And Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI SMAN 14 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:00
Last Modified: 19 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46751

Actions (login required)

View Item View Item