Efektivitas E-modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Video Percobaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Padang

Antris, Nada Fadhilah (2023) Efektivitas E-modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Video Percobaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_NADA_FADHILAH_ANTRIS_18035070_2507_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah lanjutan dari penelitian pengembangan e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual yang telah diuji validitas dan praktikalitasnya, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menunjukkan efektivitas penggunaan e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi video percobaan terdahap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain One-Group-Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Padang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 36 orang. Instrument penelitian yang digunakan berupa soal tes yang berbentuk pilihan ganda, terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan data yang diperoleh menggunakan Uji N-Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji-U. dari hasil analisis data didapatkan bahwa sampel tidak terdistribusi normal dan tidak homogen. Oleh karena itu digunakanlah Uji Mann-Whitney U-Test pada α = 0.05, didapatkan hasil asymp sig 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa H 0 ditolak yang artinya siswa yang belajar menggunakan bahan ajar e-mdoul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi video percobaan efektif digunakan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorRahadian, ZUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:05
Last Modified: 19 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46735

Actions (login required)

View Item View Item