Pembinaan Keagamaan Siswa SMAN 7 Padang Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Kerohanian Islam (ROHIS)

Mutiáh, Mutiáh (2022) Pembinaan Keagamaan Siswa SMAN 7 Padang Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Kerohanian Islam (ROHIS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUTI'AH_18329020_6020_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1)Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan Siswa SMAN 7 Padang Melalui Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 2) Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan Siswa SMAN 7 Padang Melalui Kegiatan Forum Annisa (FA) 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Pembinaan Keagamaan Siswa SMAN 7 Padang Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler KerohanianIslam (ROHIS) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakanya itu observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah adalah teknik tringulasi, pengecekan data kembali dengan teknik yang berbeda sehingga mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Pelaksanaan pembinaan keagamaan yang dilalukan melalui LDK di SMAN 7 Padang itu ada 3 bentuk yaitu pembekalan materi, public speaking dan merekatkan ukhuwah dan kekompakan antara pengurus ROHIS. Materi yang disampaikan mengenai kepemimpinan, kemandirian, dan pembentukan karakter. Metode yang digunakan adalah matode ceramah dan pembiasaan. Kegiatan ini ditujukan kepada pengurus ROHIS. Selain itu, akan diberi pemahaman dan pengenalan terkait ROHIS dan struktur kepengurusannya serta penanaman nilai-nilai Islam dalam kegiatan ini.2) Pelaksanaan pembinaan keagamaan siswa SMAN 7 Padang melalui kegiatan Forum Annisa ada 2 bentuk kegiatanya itu pengajian rutin yang dilakukan setiap hari jum’at dan mentoring yang dilakukan setiap dua kali dalam seminggu. Metode yang digunakan adalah metode diskusi terbuka dan ceramah, materi yang dibahas adalah mengenai fiqih wanita, pernikahan dan adab bergaul. Pemateri dalam kegiatan ini adalah yang diundang dari alumni ROHIS itu sendiri atau dari lembaga ASSALAM. 3) Faktor pendukungnya yaitu :antusisme siswa, kerjasama yang baik, dukungan dari berbagai pihak dan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah karena pandemi covid-19, kurangnya keterbukaan diantara pengurus ROHIS dan kurangnya dukungan material dari pihak sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, FuadyUNSPECIFIED
CorrectorRifauzi, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:53
Last Modified: 19 Sep 2023 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46722

Actions (login required)

View Item View Item