Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN 17 Gurun Laweh

Zalilah, Dhillan (2022) Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SDN 17 Gurun Laweh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DHILLAN_ZALIILAH_18329009_7491_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus berkembang khususnya dalam dunia pendidikan, dimana guru dituntut untuk dapat berinovasi dalam media pernbelajaran. Oleh karena itu website wordwall mempermudah guru dalam menarik dan rneningkatkan minat pesertadidik dalam berpartisipasi mengikuti kegiatan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: I) Penggunaan game interaktif wordwall dalama evaluasi proses mata pelajaran pendidikan agama Jslam kelas JV di SDN 17 Gurun Laweh. 2) Kekurangan dan kelebihan game interaktif wordwall dalam kegiatan evaluasi prosesmats pelajaran pendidikan agama Islam IV di SON17 Gurun Laweh. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. .Peneltian ini dilaksanakan di SDN 17 Gurun Laweh, Teknik pengurnpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan Teknik pengabsahan datayang digunakan adalah triangulasi tek.nik yaitu melakukan pengecekkan data kembali denga teknik yang berbeda sehingga mendapat data yang valid. Hasil penelitian menunju.kkan bahwa penggunaan game interaktif wordwall dalam evaluasi proses pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh membantu guru dengan menggunakan template maze chase yang bermanfaar sebagai alat evalusi berbasis online, dimana permainan disajikan dengan labirin yang berikan jawaban dari pertanyaan yang telah disediakan sehingga peserta didik tidak hanya menjawab pertanyaan tetapi juga berfikirmengatur strategi agarterh .indari dari kejaran musulh. Kekurangan dalam penggunaan game wordwall yang peneliti temukan adalah pertama disebabkan karena kesulitan dengan memabca font pertanyaan yang kecil, kecurangan, jaringan wifi yang lamban. Sedangkan kelebihan yang ditemukan dalam penggunaan game wordwall adalah peserta didik tertarik dan bersemangat, mempermudah guru dengan banyaknya template wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorWIza, RahmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2023 00:50
Last Modified: 19 Sep 2023 00:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46700

Actions (login required)

View Item View Item