Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang

Lahadi, Azri By (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_AZRI_BY_LAHADI_18329059_7235_2022.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam memegang peranan penting dalam membangun Generasi bangsa yang berakhlak mulia. Namun kenyatannya, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI masih rendah. Sehingga diperlukan penggunaan model pembelajaran yang tepat dan baik oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Teknik pengambilan Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes hasil belajar siswa. Hasil validitas soal pada penelitian ini menunjukkan 17 soal valid dari 25 soal yang diujicobakan. Reliabilitas soal menggunakan Cron bachalpha diperoleh nilai 0,844>0,60 yang berarti soal memiliki reliabilitas sangat tinggi. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Hasilnya kedua data bersifat normal dan homogen. Pada uji normalitas kelas eksperimen diperoleh nilai sig=0,151>0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig=0,200>0,05. Sedangkan uji homogentitas diperoleh nilai sig. =0,323>0,05. Adapun data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan ujiin dependent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berada pada angka 91,69% dalam kategori sangat baik; 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimenberada pada kategori cukup diketahui dalam interval 79.8- 85.8 memiliki frekuensi terbanyak dengan 6 siswa atau 23%.3) hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa T-hitung= 2.523>T-tabel= 2.006, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, IndahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2023 00:49
Last Modified: 19 Sep 2023 00:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46699

Actions (login required)

View Item View Item