Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Menggunakan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MAN 2 Pesisir Selatan

Rahma, Nabila Aulia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Menggunakan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MAN 2 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NABILA_AULIA_RAHMA_18033009_2358_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi komunikasi, dan berkolaborasi.Pencapaian keterampilan tersebut dapat dicapai dengan penerapan model pembelajaran yang sesuai dari sisi penguasaan materi dan keterampilan. Sudah dilakukan survei di MAN 2 Pesisir Selatan dan didapatkan informasi bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Setelah dipelajari lebih lanjut media dan model pembelajaran yang digunakan belum memupuk hasil belajar peserta. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan model dan media pembelajaran,Solusi yang dapat dilakukan adalah menerapkan model kooperatif tipe GO menggunakan PhET simulation,Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Menggunakan Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MAN 2 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, desain postest-only . Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA MAN 2 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dipilih kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 sebagai sampel. Instrumen yang digunakan yaitu soal posttest untuk kompetensi pengetahuan,lembar observasi untuk komptensi sikap dan keterampilan,hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dapat disimpulan bahwa pada kompetensi pengetahuan peserta didik nilai T hitung 5,279> T tabel 1,994437,pada kompetensi sikap nilai T hitung 11,89> T tabel 1,994437,pada kompetensi keterampilan nilai T hitung 3,3580> Ttabel 1,994437, Hal ini menunjukkan bahwa hipotesisi diterima. Jadi,dapat disimpulkan bahwa pemberian model kooperatif tipe group Investigation berupa posttest dapat meningkatkan hasil belajar fisika pesreta didik Kelas XI IPA di MAN 2 Pesisir Selatan tahun pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Sep 2023 00:49
Last Modified: 19 Sep 2023 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46696

Actions (login required)

View Item View Item