Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning berbasis LSLC pada Materi Hukum Dasar Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang

Widyaningrum, Liza (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning berbasis LSLC pada Materi Hukum Dasar Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_liza_widyaningrum_19035027_4891_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berpusat kepada siswa di SMA Pertiwi 1 Padang hanya kadang-kadang dilakukan. Ini menyebabkan siswa tidak terlibat langsung dalam menemukan dan membangun konsep pelajaran. Oleh karena itu, diperlukannya pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Guided Inquiry Learning (GIL) merupakan jenis strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi siswa. Dalam hal ini dapat diterapkan suatu sistem pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan model GIL, sistem pembelajaran tersebut ialah LSLC (Lesson Study for Learning Community). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry learning berbasis lesson study for learning community pada materi hukum dasar kimia terhadap hasil belajar siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Pertiwi 1 Padang tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa pilihan ganda sebanyak 24 butir. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas, uji validitas dan uji hipotesis. Data yang diperoleh berdistribusi normal dan variansnya homogen. Maka uji hipotesis yang dilakukan adalah uji-t. Diperoleh nilai t hitung (3,231) > t tabel (2,0017) sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran GIL berbasis LSLC (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2023 11:41
Last Modified: 18 Sep 2023 11:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46690

Actions (login required)

View Item View Item