Deskripsi Pedagogical Chemistry Sensemaking Guru Kimia Sekolah Penggerak pada Materi Pemanasan Global dalam Penyusunan Kurikulum Operasional

Putri, Maesa Aulianda (2023) Deskripsi Pedagogical Chemistry Sensemaking Guru Kimia Sekolah Penggerak pada Materi Pemanasan Global dalam Penyusunan Kurikulum Operasional. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Maesa_Aulianda_Putri_18035032_3031_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang berlaku saat ini. Kurikulum operasional merupakan rencana program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran pada satuan pendidikan. Pedchemsense berguna bagi guru dalam mengelola pengetahuan pedagogik dan konten untuk menghasilkan suatu rancangan pembelajaran kimia. Materi pemanasan global merupakan salah materi pokok yang diajarkan pada kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil pedagogical chemistry sensemaking guru kimia sekolah penggerak dalam penyusunan kurikulum operasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA 2 Padang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis struktur konten dari Model of Educational Reconstruction (MER). Instrumen yang digunakan berupa tabel analisis standar isi, tabel analisis level pengetahuan, sikap dan keterampilan, tabel analisis materi pemanasan global, Daftar check Analisis dokumen PedChemSense pada materi pemanasan global, dan Lembar interview. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis data Milles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan profil Pedchemsense guru kimia di SMA 2 Padang untuk Pedagogical Sensemaking memberikan variasi pembelajaran dan pembelajaran dengan pendekatan masalah indikator 3 dan 4 ditampilkan dengan baik, Chemistry Sensemaking menginterprestasikan produk pengetahuan indikator 4 ada dan tidak sesuai, Pedagogical Sensemaking memberikan contoh konkret dan motivasi indikator 1 dan 2 ada dan tidak sesuai, sedangkan Chemistry Sensemaking mengemungkakan ide saintifik berdasarkan fenomena, hipotesis dan merepresentasikan kimia indikator 1,2 dan 3 tidak ada dan tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2023 11:41
Last Modified: 18 Sep 2023 11:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46688

Actions (login required)

View Item View Item