Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Tangan terhadap Ketepatan Smash Bolavoli Siswa Ekstrakurikuler SMAN 8 Kota Padang

Maulana, Yoga (2023) Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Tangan terhadap Ketepatan Smash Bolavoli Siswa Ekstrakurikuler SMAN 8 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_YOGA_MAULANA_18087162_544_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari observasi yang penulis temui di lapangan ternyata smash yang dilakukan oleh pemain bolavoli siswa ekstrakurikuler SMAN 8 Kota Padang belum tepat pada sasarannya. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya ketepatan smash bolavoli siswa ekstrakurikuler SMAN 8 Kota Padang, salah satu diantaranya diduga disebabkan oleh daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-tangan terhadap ketepatan smash bolavoli siswa ekstrakurikuler SMAN 8 Kota Padang. Jenis penelitian adalah korelasional. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes pengukuran terhadap ke tiga variabel, yaitu data daya ledak otot tungkai menggunakan tes vertical jump, koordinasi mata-tangan menggunakan tes ballwerfen und fangen. Sedangkan ketepatan smash digunakan tes ketepatan smash. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan korelasi ganda serta dilanjutkan kontribusi dengan rumus determinan. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat kontribusi daya ledak otot tungkai sebesar 27,14% dan koordinasi mata-tangan sebesar 45,97%, serta secara bersama-sama sebesar 53,58% terhadap ketepatan smash bolavoli siswa ekstrakurikuler SMAN 8 Kota Padang. Disimpulkan bahwa terdapat kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-tangan terhadap ketepatan smash bolavoli siswa ekstrakurikuler SMAN 8 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDonie, DonieUNSPECIFIED
CorrectorHermanzoni, HermanzoniUNSPECIFIED
CorrectorOktavianus, IrfanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KONTRIBUSI DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-TANGAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:54
Last Modified: 18 Sep 2023 04:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46678

Actions (login required)

View Item View Item