Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Berbasis LSLC pada Materi Kimia Unsur Golongan Utama Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 14 Padang

Jannah, Miftahul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Berbasis LSLC pada Materi Kimia Unsur Golongan Utama Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_MIFTAHUL_JANNAH_19035153_2956_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang tepat dalam mendukung keaktifan siswa merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Materi kimia unsur di SMAN 14 Padang masih berpusat pada guru (teacher-centered) sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang menciptakan keaktifan siswa. Solusinya dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery learning. Penerapan model pembelajaran guided discovery learning dapat dilakukan dengan sistem pembelajaran yang mendukung proses belajar-mengajar di kelas. Sistem tersebut dikenal dengan istilah Lesson Study for Learning Community (LSLC). Sistem LSLC membantu memperbaiki kualitas pembelajaran dengan adanya proses perencanaan dan refleksi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbasis LSLC pada materi kimia unsur golongan utama terhadap hasil belajar siswa di SMAN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XII MIPA di SMAN 14 Padang pada tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data primer yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Data yang diperoleh berdistribusi secara normal dengan varian yang homogen. Maka uji hipotesis dilakukan dengan uji-t dengan diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,047 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran guided discovery learning berbasis LSLC dapat meningkat secara signifikan daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbasis LSLC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:54
Last Modified: 18 Sep 2023 04:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46677

Actions (login required)

View Item View Item