Efektivitas Pemanfaatan Online Public Access Catalog (OPAC) Menggunakan Operator Boolean Logic Pada Pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Kota Padang Panjang

Amelia, Nisa (2023) Efektivitas Pemanfaatan Online Public Access Catalog (OPAC) Menggunakan Operator Boolean Logic Pada Pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_NISA_AMELIA_17234055_61_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan Online Public Access Catalog (OPAC) menggunakan operator boolean logic di Perpustakaan Umum Daerah Kota Padang Panjang. Sebagai alat bantu pencarian, yang berfungsi untuk melayani masyarakat, maka keberhasilan sarana sistem informasi tersebut perlu diukur efektivitasnya agar dapat mengoptimalkan fungsinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung di Perpustakaan Umum Daerah Kota Padang Panjang pada bulan Maret dan April 2021 yaitu 5.892 pengunjung. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden di Perpustakaan Umum Daerah Kota Padang Panjang. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pemanfaatan OPAC tergolong baik dengan nilai tertinggi pada sub variabel manfaat bersih OPAC dengan skor 3,37. Kedua, penggunaan operator boolean logic pada pemustaka tergolong baik dengan nilai tertinggi pada sub variabel AND dan NOT dengan skor 3,18. Ketiga, efektivitas pemanfaatan OPAC di Perpustakaan Padang Panjang yang paling efektif yaitu pada indikator kepuasan pengguna dengan skor rata-rata 4,82 tergolong efektivitas tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNelita, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:12
Last Modified: 15 Sep 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46660

Actions (login required)

View Item View Item