Hubungan Disiplin Praktik Terhadap Hasil Belajar Praktik pada Mata Pelajaran Bubut Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang Tahun 2021/2022.

Rinto Mariadi, Rinto (2023) Hubungan Disiplin Praktik Terhadap Hasil Belajar Praktik pada Mata Pelajaran Bubut Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang Tahun 2021/2022. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_RINTO_MARIADI_18067018_569_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulis telah melakukan pengamatan dimana terdapat masalah Disiplin belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan sangat beragam. Disiplin siswa dalam masuk sekolah kurang baik, banyak siswa masuk kelas tidak tepat waktu. Disiplin siswa dalam mengikuti praktik di sekolah belum terlalu baik. Tidak semua siswa aktif dalam tanya jawab selama kegiatan pembelajaran. Disiplin siswa dalam mengerjakan tugas tergolong kurang baik, meskipun ada sebagian yang mengerjakan Pekerjaan Rumah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif misalnya dengan mengedarkan kuesioner, test, wawancara terstruktur, dan sebagainya.” Penelitian ini mengunakan desain penelitian survey deskriptif karena hasil survey yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deksriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif data yang diperoleh dari sampel populasi dari sampel populasi penelitian dianalisi sesuai metode statistik yang digunakan lalu dinterprestasikan. Hasil belajar terdorong oleh faktor luar dan dalam faktor yang berpengaruh pada hasil belajar ialah disiplin belajar. Penelitian dilakukan untuk mengungkapkan hubungan disiplin praktik pada hasil belajar praktik bubut konvensional. Jenis reseach digunakan ialah survey deskriptif difungsikan untuk mendapatkan memperoleh data dari tempat alamiah. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Padang berlokasi pada Jl Mahmud Yunus Anduring. Kecamatan Kuranji, Padang, Sumatera Barat. Sampel untuk penelitian diambil kelas XI Teknik Pemesinan. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, angket atau kuesioner, dokumentasi. Hasil pengujian koefisien determinasi melalui uji regresi linear sederhana memiliki nilai sebesar 54%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa disiplin praktik berhubungan sebanyak 54% pada hasil pembelajaran praktik bubut XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Padang, dengan faktor sebanyak 46% terhubung pada faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrzal, IrzalUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
CorrectorAzis Nabawi, RahmatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, BUBUT, TEKNIK PERMESINAN
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:48
Last Modified: 15 Sep 2023 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46648

Actions (login required)

View Item View Item