Implementasi Metode Iqra dalam Pemberantasan Buta Baca Alquran pada Siswa di SMA Negeri 13 Padang

Prima, Anisa (2022) Implementasi Metode Iqra dalam Pemberantasan Buta Baca Alquran pada Siswa di SMA Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_ANISA_PRIMA_18329001_7729_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: 1) kemampuan membaca Alquran pada siswa kelas10 di SMAN 13 Padang 2) faktor-faktor yang melatar belakangi buta baca Alquran pada siswa kelas 10 di SMAN 13 Padang 3) Implementasi metode Iqra dalam pemberantasam buta baca Alquran pada siswa kelas 10 di SMAN 13 Padang. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMANegeri 13 Padang.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik tringulasi, pengecekan data kembali dengan teknik yang berbeda sehingga mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca Alquran siswa kelas 10 di SMA Negeri 13 Padang masih kurangnya minat dan motivasi dalam membaca Alquran. Faktor yang melatar belakangi buta baca Alquran pada siswa kurangnya minat dan dorongan dari orang tua dirumah dalam membaca Alquran. Implementasi metode iqra di SMA Negeri 13 Padang tergolong meningkat dengan melalui tahapan-tahapan metode iqra yang telah dirancang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
CorrectorKosasih, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RIniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:46
Last Modified: 18 Sep 2023 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46645

Actions (login required)

View Item View Item