Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tahapan Kastolan

Muzella, Gita Fitri (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tahapan Kastolan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_GITA_FITRI_MUZELLA_16029110_3228_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan peserta didik berdasarkan kognitif adalah kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, akibatnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika memiliki keberagaman. Apabila peserta didik memiliki kemampuan yang rendah dalam menyelesaikan soal matematika, maka peserta didik tersebut akan melakukan banyak kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Berdasarkan data yang terjadi dilapangan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika masih terjadi dikelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam. Kesalahan yang dilakukan peserta didik perlu diidentifikasi guna untuk mengatasi atau meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dengan melakukan penelitian untuk menganalisis kesalahan peserta didik kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dan penyebab dari kesalahan tersebut berdasarkan tahapan Kastolan. Adapun tahapan Kastolan meliputi kesalahan konsep, kesalahan prosedur, dan kesalahan teknik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung dalam tahun ajaran 2022/2023 yang dilaksanakan pada bulan September 2022. Data diperoleh dari tes tertulis soal matematika dengan materi Koordinat Kartesius dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling dominan dilakukan peserta didik adalah kesalahan teknik sebesar %, kemudian kesalahan konsep sebesar %, dan kesalahan prosedur sebesar %. Penyebab terjadinya kesalahan konsep yaitu peserta didik tidak memahami materi, dan lupa cara membuat bidang koordinat yang benar. Penyebab terjadinya kesalahan prosedur yaitu peserta didik lupa cara atau langkah penyelesaian soal, tidak menguasai soal dengan benar, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, tidak teliti dalam pemilihan langkah untuk menyelesaikan soal, tidak memikirkan jawabannya benar atau salah. Penyebab terjadinya kesalahan teknik yaitu peserta didik kurang teliti dalam menulis jawaban, lupa, salah tulis, tidak terbiasa menuliskan suatu kesimpulan, tidak mengecek kembali jawaban, mencontek, tergesa-gesa dalam menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:32
Last Modified: 14 Sep 2023 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46634

Actions (login required)

View Item View Item