Pengaruh Status Gizi, Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta Didik SD Negeri 3 Muaro Kabupaten Sijunjung.

Osrita, Gelsi (2023) Pengaruh Status Gizi, Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK Peserta Didik SD Negeri 3 Muaro Kabupaten Sijunjung. Masters thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_GELSI_OSRITA_21199076_1393_2023 (15 Feb).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PJOK peserta didik di SD Negeri 3 Muaro Kabupaten Sijunjung. Tujuan peneliotian ini yaitu melihat pengaruh status gizi, kesegaran jasmani, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan secara lansung maupun tidak lansung. Metode penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis jalur (path analysis). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik yang berumur 10-12 tahun atau kelas lima (V) 29 orang, dan enam (VI) 26 orang dengan jumlah keseluruhan 55 orang. Data status gizi mengukur indeks massa tubuh (IMT), mengukur tingkat kebugaran jasmani melalui tes kebugaran jasmani indonesia (TKJI) untuk usia 10-12 tahun, motivasi belajar menggunakan angket dan hasil belajar PJOK dari nilai semester II (genap) mata pelajaran PJOK. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan, bahwa, (1) Terdapat pengaruh langsung antara status gizi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. (2) Terdapat pengaruh langsung antara kebugaran jasmani terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, (3) Terdapat pengaruh langsung antara motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, (4) Terdapat pengaruh langsung antara status gizi terhadap kesegaran jasmani, (5) Terdapat pengaruh tidak lansung antara status gizit erhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui motivasi belajar, (7) Terdapat pengaruh tidak lansung antara kebugaran jasmani terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWelis, WildaUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, WilladiUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar, Hasil Belajar PJOK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:19
Last Modified: 14 Sep 2023 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46632

Actions (login required)

View Item View Item