Desain E-Modul Fluida Statis Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Siddiq, Ilhamdi (2023) Desain E-Modul Fluida Statis Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Ilhamdi_Siddiq_19033157_4247_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 seharusnya menerapkan keterampilan abad 21 siswa yang meliputi keterampilan 4C yaitu berpikir kreatif, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan ini diperlukan dalam memecahkan suatu permasalahan. Hasil studi pendahuluan memperlihatkan rendahnya keterampilan berpikir kreatif dan proses sains siswa. E-modul terintegrasi STEM menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menentukan analisis kebutuhan, validitas dan praktikalitas penggunaan e-modul terintegrasi STEM. Metode penelitian ini menggunakan penelitian research and development dengan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck. Objek penelitian yaitu e-modul fluida statis terintegrasi STEM. Instrumen penelitian meliputi instrumen analisis kebutuhan, lembar angket validitas dan praktikalitas. Sumber data validitas diperoleh melalui validasi produk kepada dosen fisika FMIPA UNP. Sumber data praktikalitas diperoleh dari siswa kelas XI SMAN 6 Padang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan data yang telah dianalisis terdapat tiga hasil penelitian. Pertama, hasil analisis kebutuhan didapatkan bahwa keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa masih rendah. Kedua, hasil validasi produk didapatkan nilai rata-rata sebesar 84,1 berada pada kategori sangat baik. Ketiga, hasil praktikalitas produk didapatkan nilai rata-rata sebesar 93 berada dalam kategori sangat baik. Implikasi dari hasil penelitian, guru harus mengkontruksi keterampilan siswa melalui e-modul. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa emodul terintegrasi STEM valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:53
Last Modified: 14 Sep 2023 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46619

Actions (login required)

View Item View Item