Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ludo Kimia Berbasis Android Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA/MA

Sari, Indah Fedya (2023) Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ludo Kimia Berbasis Android Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_INDAH_FEDYA_SARI_19035024_2433_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan pengembangan Educational Design Research dengan menerapkan model Plomp yang telah diuji validitas dan praktikalitasnya namun belum dilakukan uji efektivitas penggunaan media permainan ludo kimia berbasis android materi reaksi reduksi dan oksidasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas penggunaan media permainan ludo kimia berbasis android pada materi reaksi reduksi dan oksidasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA/MA. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group desain dengan kelompok sampel yang dipilih secara random dengan angggota populasi adalah anggota populasi yang homogen. Subjek penelitian adalah kelas X MIPA 4 (kelas eksperimen) dan X MIPA 3 (kelas kontrol) di SMAN Binaan Khusus Kota Dumai. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji N-Gain dan uji hipotesis (uji-t). Perolehan rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,47 dengan kategori sedang, serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dengan t hitung (7,84527) > t tabel (1,668) pada taraf nyata α= 0,05. Sehingga media permainan ludo kimia berbasis android materi reaksi reduksi dan oksidasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada ranah kognitif di kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:34
Last Modified: 14 Sep 2023 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46612

Actions (login required)

View Item View Item