Pemanfaatan Layanan Koleksi Digital di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menggunakan Model EUCS (End User Computing Satisfaction)

Khotimah, Fatma Wati (2023) Pemanfaatan Layanan Koleksi Digital di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menggunakan Model EUCS (End User Computing Satisfaction). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_FATMA_WATI_KHOTIMAH_17234046_2_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan layanan koleksi digital di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang menggunakan model EUCS (End User Computing Satisfaction). Jenis penelitian kuantitatif Universitas Negeri Padang. Populasi pada penelitian ini berjumlah 3.112 pemustaka dengan jumlah sampel 97 responden. Pengambilan sampel ditentukan berdasarkan teknik random sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tingkat kepuasan pemustaka dan pemanfaatan layanan koleksi digital di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang menggunakan Model EUCS (End User Computing Satisfaction) dengan 5 dimensi dengan skor rata-rata 3,19. Dengan 5 dimensi yaitu dimensi content diperoleh skor rata-rata 3,26, berada pada skala interval positif yaitu terdapat kepuasan pemustaka sesuai dengan kebutuhan pengguna dan memiliki informasi yang lengkap. Dimensi accuracy diperoleh skor rata-rata 3,11 berapa pada skala interval positif, yaitu kepuasan pemustaka karena informasi yang dihasilkan oleh layanan koleksi digital akurat. Dimensi format diperoleh skor rata-rata 3,14 berada pada skala interval positif yaitu terdapat kepuasan pemustaka isi estetika/keindahan tampilan antar muka yang terdapat pada sistem layanan koleksi digital berpengaruh baik pada penulusuran dan informasi yang ditampilkan dalam bentuk pdf. Dimensi ease of use diperoleh skor rata-rata 3,19 berada pada skala interval positif yaitu terdapat kepuasan pemustaka karena kemudahan pengguna dalam mengakses informasi. Dimensi timeliness diperoleh skor rata-rata 3,23 berada pada skala interval positif yaitu terdapat kepuasan pemustaka karena layanan koleksi digital menyediakan informasi terbaru yang disediakan pada layanan koleksi digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:38
Last Modified: 14 Sep 2023 01:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46592

Actions (login required)

View Item View Item