Pengaruh Penerapan Aplikasi Microsoft Teams berbasis Keterampilan 4C (MTBK4C) dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan berbasis Luas

Hidayati, Hidayati (2023) Pengaruh Penerapan Aplikasi Microsoft Teams berbasis Keterampilan 4C (MTBK4C) dan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan berbasis Luas. Masters thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_05_HIDAYATI_21138002_2519_2023(21 Mar).pdf

Download (962kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran yang masih kurang dikembangkan dan masih bersifat teacher center sehingga kurangnya kemandirian dan rasa ingin tahu terhadap materi pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan MTBK4C dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Jaringan berbasis Luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2 (factorial design) memodifikasi dari desain true eksperimental, yaitu dengan memperhatikan variabel moderator yang mempengaruhi perlakuan (variabel Independent) terhadap hasil belajar (variabel Dependent). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TJKT SMK Negeri 2 Padang dengan total 60 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari angket dan posttest. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dilihat dari hipotesis : 1) hipotesis pertama hasil belajar menggunakan aplikasi pembelajaran MTBK4C lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai 0,0085 < 0,025, 2) Hasil belajar Teknologi Jaringan berbasis Luas Siswa yang memiliki kemandirian tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Siswa yang memiliki kemandirian rendah dilihat dari nilai 0,000 < 0,005, 3) Hasil belajar Teknologi Jaringan berbasis Luas Siswa yang menggunakan aplikasi MTBK4C dengan kemandirian tinggi lebih baik dari pada pembelajaran konvensional dengan kemandirian tinggi dinilai berdasarkan hasil uji Tuckey dengan nilai kemandirian belajar tinggi memiliki skor hasil belajar rata-rata 82,46 >kemandirian belajar tinggi memiliki skor rata-rata 75,33, 4) Hasil belajar Teknologi Jaringan berbasis Luas Siswa yang menggunakan aplikasi MTBK4C dengan kemandirian rendah lebih baik dari pada pembelajaran konvensional dengan kemandirian rendah dinilai berdasarkan hasil uji Tuckey dengan nilai kemandirian belajar rendah memiliki skor hasil belajar rata-rata 71,26 > kemandirian belajar rendah memiliki skor rata-rata 62, dan 5) terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran MTBK4C dengan kemandirian belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Jaringan berbasis Luas dilihat berdasarkan nilai probabilitas 0,014 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan aplikasi MTBK4C dan kemandirian terhadap hasil belajar siswa dalam meningkatkan aktifitas, kemandirian dan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Teknologi Jaringan berbasis Luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTa’ali, Ta’aliUNSPECIFIED
CorrectorDarni, ResmiUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Aplikasi Microsoft Teams, Kemandirian, 4C, Teknologi Jaringan berbasis Luas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:48
Last Modified: 13 Sep 2023 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46588

Actions (login required)

View Item View Item