Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Manual di SMK Negeri 11 Kota Bekasi.

Mardhatillah, Nanda Farhan (2023) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Manual di SMK Negeri 11 Kota Bekasi. Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_10_NANDA_FARHAN_MARDHATILLAH_16073091_915_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa adopsi atau penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di SMK Negeri 11 Kota Bekasi telah meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik eksperimen. Dengan penggunaan Lembar Kerja Siswa Peserta Didik (LKPD) diharapkan memberikan dampak yang bermanfaat bagi hasil belajar siswa, menurut observasi dan temuan penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR A dan XI TKR B SMK Negeri 11 Kota Bekasi yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Dengan jumlah sampel yang berjumlah 72 orang. Kelas XI TKR A yang berjumlah 36 orang dan kelas XI TKR B dengan jumlah 36 orang.Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah tes, alat yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik adalah tes yang berbentuk uraian (Essay Examination). Pengujian hipotesis ditentukan dengan cara uji-t. Nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda masing-masing sebesar 80,56 dan 78,17. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol. Hipotesis kerja (Ha) diterima ketika hipotesis nol (H0) ditolak, sesuai dengan hasil perhitungan uji-t, yang menunjukkan bahwa thitung = 3,18 dan tabel pada tingkat signifikansi masing-masing 0,05. Fakta ini menunjukkan bahwa penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 11 Kota Bekasi pada materi transmisi manual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWakhinuddin, WakhinuddinUNSPECIFIED
CorrectorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK, SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:18
Last Modified: 13 Sep 2023 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46585

Actions (login required)

View Item View Item