Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tambang

Fitriyatunnisa, Fitriyatunnisa (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tambang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Fitriyatunnisa_18029107_3286_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang sangat penting adalah memahami konsep matematika. Namun, berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tambang menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pendidik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tambang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Non-equivalent Posttest-only Kontrol Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tambang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis. Hasil tes tersebut dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis, menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh P-value 0,0247. Karena P-value < α maka tolak H 0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorRosha, MediaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:20
Last Modified: 13 Sep 2023 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46579

Actions (login required)

View Item View Item