Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Berdiferensiasi Proses Berdasarkan Kesiapan Belajar dengan Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Ikatan Kimia

Husna, Fitra Elma (2023) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Pembelajaran Berdiferensiasi Proses Berdasarkan Kesiapan Belajar dengan Berdasarkan Gaya Belajar pada Materi Ikatan Kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_FITRA_ELMA_HUSNA_19035018_5252_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka menuntut pembelajaran berdiferensiasi, namun SMAN 1 Solok Selatan belum menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Hal ini dikarenakan sekolah kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran berdiferensiasi proses berdasarkan kesiapan belajar dengan berdasarkan gaya belajar. Metode penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control design group. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dengan kelas eksperimen I kelas Fase E5 dan kelas eksperimen II kelas Fase E6. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes soal essay terstruktur atau SEDToC (Structure Essay Diagnostic Text of Chemistry) sebanyak 10 soal. Hipotesis di uji dengan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Dari perhitungan data diperoleh nilai t hitung = 2,061 > t tabel = 1,944. Hasil belajar kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada kelompok kelas eksperimen II. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar dengan berdasarkan gaya belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:43
Last Modified: 13 Sep 2023 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46571

Actions (login required)

View Item View Item