Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti

Aziza, Desi (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Desi_Aziza_19029015_2958_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti masih rendah, karena model pembelajaran yang digunakan belum mendukung untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti selama diterapkan model PBL dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model PBL lebih baik daripada belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design, dan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah VIII 2 dan sebagai kelompok kontrol adalah VIII 3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan pemahaman konsep matematis selama diterapkan model PBL pada setiap indikator kecuali pada indikator 3, dan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf nyata 0,05 diperoleh - = 0,041, artinya - <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:14
Last Modified: 12 Sep 2023 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46556

Actions (login required)

View Item View Item