Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Discord pada Materi Laju Reaksi untuk Kelas XI SMA/MA

Tuti, Arrum Permata S. (2023) Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Discord pada Materi Laju Reaksi untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ARRUM_PERMATA_S_TUTI_19035005_4261_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Era revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan. Indonesia pun berupaya beradaptasi dengan menghadirkan kurikulum merdeka yang mengharuskan pembelajaran berorientasi pada siswa dengan tetap mengedepankan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem pembelajaran dengan memadukan flipped classroom dengan model inkuiri terbimbing menggunakan aplikasi Discord sampai pada tahap validitas dan praktikalitas. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif untuk menciptakan pembelajaran kimia yang sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0 dan tuntutan kurikulum merdeka khususnya pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Educational Design Research (EDR) dengan model Plomp. Subjek penelitian ini adalah 3 orang dosen kimia UNP, 2 orang guru kimia dan 9 orang siswa kelas XI SMAN 8 Padang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket uji validitas (konten dan konstruk) dan angket praktikalitas (guru dan peserta didik). Data validitas yang diperoleh diolah dengan formula Aiken’s V sedangkan data praktikalitas diolah kemudian dinyatakan hasilnya dalam persentase. Produk dikatakan valid jika diperoleh hasil V≥0,8 dan sangat praktis jika nilai persentase kepraktisan di atas 86%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai validitas sebesar 0,87 yang didapat dari rata-rata validitas konten 0,86 dan validitas konstruk 0,88. Persentase praktikalitas guru didapatkan sebesar 93% dan persentase peserta didik sebesar 88% sehingga diperoleh persentase keseluruhan yaitu sebesar 90% yang menunjukkan sistem terbukti valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:13
Last Modified: 12 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46550

Actions (login required)

View Item View Item