Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Peyangga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 1 Lembah Gumanti

Salma, Azizatis (2023) Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Peyangga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_AZIZATIS_SALMA_19035072_4111_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya, pengembangan media yang dapat menampilkan level representasi kimia dalam bentuk powerpoint interaktif pada materi larutan peyangga. Media yang dikembangkan oleh Riska Septia Dewi sudah diuji validitas dan praktikalitasnya, untuk dapat digunakan perlu dilakukan uji efektivitasnya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan peyangga terhadap hasil belajar peserta didik SMAN 1 Lembah Gumanti. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari kelas XI MIPA di SMAN 1 Lembah Gumanti tahun pelajaran 2022/2023 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa instrument tes yang terdiri dari 20 soal. Data hasil belajar dianalisis dengan uji N-Gain dan uji Hipotesis (Uji t). N-Gain Kelas eksperimen sebesar 0,63 dan N-Gain kelas kontrol sebesar 0,51 dengan kategori sedang, N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada N-Gain kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t, didapatkan sig (2-tailed) (0,001) < taraf signifikasi (0,05), maka H 1 diterima dan H 0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran power-point interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan peyangga lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran powerpoint biasa di SMAN 1 Lembah Gumanti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:13
Last Modified: 12 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46549

Actions (login required)

View Item View Item