Pengembangan LKPD Asam Basa berbasis PBL Terintegrasi Etnosains untuk Fase F SMA/MA

Anggini, Bunga Febri (2023) Pengembangan LKPD Asam Basa berbasis PBL Terintegrasi Etnosains untuk Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Bunga_febri_Anggini_19035132_4531_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurangnya pengetahuan peserta didik tentang etnosains menjadi tantangan bagi pendidik untuk dapat mengembangkan bahan ajar berbasis etnosains. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning terintegrasi etnosains pada materi asam basa untuk fase F. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode research and development (R&D) menggunakan model Plomp, yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase dan assessment phase. Instrumen data yang digunakan berupa lembar angket validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh enam orang validator dan uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru dan sembilan orang peserta didik. Hasil uji validitas menggunakan skala Aiken’s V menghasilkan rata-rata sebesar 0,88 yang menyatakan bahwa LKPD valid. Uji praktikalitas dilakukan kepada guru dan peserta didik dengan hasil persentase 95% dan 86% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:13
Last Modified: 12 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46548

Actions (login required)

View Item View Item