Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Teka-Teki Silang tentang Materi Vertebrata untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Anggraini, Alfionita (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Praktikum Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Teka-Teki Silang tentang Materi Vertebrata untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Alfionita_Anggraini_18031121_2387_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktikum pengamatan tentang morfologi dan anatomi hewan vertebrata di SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik belum terlaksana dengan baik karena pembelajaran praktikum diganti dengan kegiatan study literature, selain itu belum tersedianya buku petunjuk atau panduan kegiatan praktikum juga sebagai faktor dari belum terlaksananya kegiatan praktikum. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan LKPD praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi vertebrata Kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) praktikum vertebrata berbasis inkuiri terbimbing berbantuan teka-teki silang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model Plomp. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, 2 orang guru biologi SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik dan 28 orang peserta didik Kelas X IPA 3 SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik. Objek penelitian ini adalah LKPD praktikum vertebrata berbasis inkuiri terbimbing berbantuan teka-teki silang untuk peserta didik kelas X SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket investigasi awal (preliminary research), lembar angket self evaluation, lembar angket small group, lembar angket field test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menghasilkan sebuah produk berupa LKPD praktikum vertebrata berbasis inkuiri terbimbing berbantu teka-teki silang. Dari validasi LKPD praktikum yang dihasilkan memperoleh nilai rata-rata 90,25% dengan kriteria sangat valid oleh validator, uji praktikalitas LKPD praktikum yang dihasilkan nilai rata-rata 94,53% oleh guru dan nilai ratarata 90,33% oleh peserta didik, keduanya dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan LKPD praktikum vertebrata berbasis inkuiri terbimbing berbantuan teka-teki silang yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorRelsas, YogicaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:59
Last Modified: 11 Sep 2023 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46516

Actions (login required)

View Item View Item