Pengembangan E- Modul dengan Aplikasi Canva dan Flipbook pada Pembelajaran Ekonomi di SMA N 1 Gunung Talang

Adzkia, Suciyana Febri (2023) Pengembangan E- Modul dengan Aplikasi Canva dan Flipbook pada Pembelajaran Ekonomi di SMA N 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Suciyana_Febri_Adzkia_18053059_3463_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengembangkan e-modul menggunakan aplikasi canva design dan flipbook pada mata pembelajaran ekonomi sebagai media pembelajaran yang layak. 2) Mengetahui bagaimana kelayakan e-modul. 3) Mengetahui bagaimana kepraktisan e-modul untuk media pembelajaran ekonomi di SMA N 1 Gunung Talang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Thiagarajan yang dikenal dengan istilah 4-D yang terdiri dari 4 Tahapan yaitu (Define, Desian, Develop dan Disseminate) namun penelitian dibatasi sampai tahap pengembangan saja (Develop). Tahap Define untuk mendefinisikan permasalahan dalam pembelajaran, Desain adalah tahap perancangan emodul berdasarkan hasil analisis untuk menghasilkan produk awal dan instrumen. Kemudian Develop adalah tahap pengembangan e-modul. Subjek Penelitian ini adalah SIswa kelas XI IPS di SMA N 1 Gunung Talang, Objek yang diteliti adalah pengembangan e-modul dengan Aplikasi Canva dan flipbook pada pembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil Validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 97 % (Sangat Baik), ahli media diperoleh persentase nilai 99 % (Sangat Baik), dan dari ahli bahasa diperoleh persentase nilai sebesar 92 % (sangat Baik). Sehingga diperoleh rata-rata persentase validasi sebesar 96 % (Sangat Baik). Uji Praktikalitas guru diperoleh rata- rata persentase nilai sebesar 86.6 % (Sangat Praktis), dan Uji praktikalitas terhadap siswa diperoleh rata- rata persentase sebesar 86,6 % (Sangat Praktis). Sehingga diperoleh rata- rata persentase praktikalitas sebesar 86.6 % (Sangat Praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSofya, RaniUNSPECIFIED
CorrectorCerya, EfniUNSPECIFIED
CorrectorArita, SriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:38
Last Modified: 08 Sep 2023 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46495

Actions (login required)

View Item View Item