Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Sosiologi Menggunakan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan

Nursal, Yelliza (2023) Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Sosiologi Menggunakan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_YELLIZA_NURSAL_21161039_868_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Sosiologi. Jenis aktivitas yang diamati adalah: Siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan ; Kemauan siswa untuk bertanya; Minat siswa mengerjakan tugas; Keberanian siswa dalam presentasi kelompok; serta aktivitas siswa berkolaborasi. Rendahnya hasil belajar siswa terlihat dari hasil pretest yang tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) hanya 10 orang dengan persentase 34,48%. Siswa yang tidak tuntas berjumlah 19 orang atau dengan persentase 65, 52%. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar Sosiologi siswa kelas XII IPS 1 SMAN 1 Ranah Pesisir menggunakan Model Pembelajaran Berdiferensiasi tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian kelas XII IPS 1 dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64,60% dan pada siklus II mengalami peningkatan 20,66% menjadi 85,26%. Untuk hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I rata-rata ketuntasan 62,67% dan pada siklus II mengalami peningkatan 20% menjadi 82,67%. Indikator keberhasilan aktivitas dan hasil belajar dalam penelitian yaitu apabila terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas dan hasil belajar Sosiologi dari siklus I ke siklus II. Selain itu, indikator keberhasilan dalam penelitian juga dapat dicapai apabila terdapat minimal 75% dari jumlah siswa dalam satu kelas aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:18
Last Modified: 07 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46468

Actions (login required)

View Item View Item