Rancang Bangun Trainersmart Home Menggunakan 3 Bahasa Pemograman dengan Mikrokontroler Nodemcu ESP8266 Berbasis Internet of Things.

Nugroho, Isworo Setyo (2023) Rancang Bangun Trainersmart Home Menggunakan 3 Bahasa Pemograman dengan Mikrokontroler Nodemcu ESP8266 Berbasis Internet of Things. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_ISWORO_SETYO_NUGROHO_17076080_2878_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat trainer sistem kontrol meliputilampu, kipas angin, stop kontak, pemanas air minum pada rumah tinggal yang berbasis teknologi Internet ofThings (IoT). Sistem ini dirancang dengan interface dari 3 bahasa pemograman (Html, PHP dan Java) sebagai media untuk melatih dan meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan pemograman untuk mengontrol perelatan elektronik seperti lampu, kipas angin, stop kontak, pemanas air minum yang kemudian dapat dimonitoring secara real time melalui sebuah platform digital baik pada smartphone ataupun PC. Metode pembuatan alat dimulai dengan merancang diagram blok, memilih spesifikasi komponen berdasarkan diagram blok, mengintegrasikan hardware, dan pemograman sistem. Output sistem dilengkapi dengan komponen yang berfungsi untuk mengendalikan kondisi peralatan rumah seperti lampu, kipas angin, Stop kontak, pemanas air minum.Relaymodul digunakan sebagai saklar menghidupkan dan mematikan peralatan rumah seperti lampu, kipas angin, Stop kontak, pemanas air minum. Sistem dibuat berbasis Internet of Things (IoT), artinya sistem terhubung ke internet menggunakan modul ESP8266. Sistem mengakses data dari web Firebase yang kemudian ditampilkan dalam sebuah aplikasi smartphone sebagai sarana untuk memonitoring kondisi peralatan rumah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang telah dibuat dan dirancang dengan interface dari 3 bahasa pempgraman (Html, PHP dan Java) mampu mengontrol peralatan rumah seperti lampu, kipas angin, stop kontak, pemanas air minum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, YasdinulUNSPECIFIED
CorrectorHadi, AhmaddulUNSPECIFIED
CorrectorBudayawan, KhairiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRAINER, SMART HOME, BAHASA PEMOGRAMAN
Subjects: T Technology > TI Technology Information, Computer
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:02
Last Modified: 07 Sep 2023 05:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46467

Actions (login required)

View Item View Item