Fenomena Prestasi Sekolah Anak (Akademik dan Non Akademik) Ditengah Keluarga Broken Home dalam Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu

Sari, Suci Kartika (2023) Fenomena Prestasi Sekolah Anak (Akademik dan Non Akademik) Ditengah Keluarga Broken Home dalam Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_SUCI_KARTIKA_SARI_21161037_824_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keluarga berperan penting dalam perkembangan anak, di saat kondisi orang tua menjadi rumit seperti bercerai, sibuk bekerja, salah satu orang tua meninggal hal ini akan berdampak pada prestasi sekolah anak baik akademik maupun non akademik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis prestasi akademik dan non akademik anak keluarga broken home dalam pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Cenaku. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis dampak fenomena keluarga Broken home terhadap prestasi akademik dan non akademik siswa dalam pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Cenaku. Jenis penelitian yang digunakan pada tesis ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Prestasi akademik dan non akademik anak keluarga broken home dalam pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Cenaku mengalami penurunan prestasi terutama pada prestasi akademik yang terlihat pada hasil belajar IPS. Sedangkan dalam prestasi non akademik siswa juga tidak menonjol dalam salah satu bidang. Hal ini disebabkan anak tidak mengetahui penyebab orang tua berpisah, kebanyakan anak tinggal dengan kehidupan baru bersama salah satu orang tua maupun keluarga lain, orang tua sibuk mnecari nafkah dan anak tidak menjalin hubungan baik dengan orang tua. Sedangkan 19% dari mereka tidak terpengaruh dengan permasalahan keluarganya terlihat dari prestasi akademik dan nonakademik di sekolah mendapatkan hasil yang baik 2) Dampak fenomena keluarga Broken home terhadap prestasi akademik dan non akademik siswa dalam pelajaran IPS di kelas VIII menurun dan tidak mencapai Kriteria ketuntasan Minimal, hal ini dipengaruhi oleh minat belajar yang kurang, siswa malas dan sibuk dengan dunianya sendiri, orang tua tidak mendampingi siswa saat belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhaidir, AfrivaUNSPECIFIED
CorrectorHermon, DediUNSPECIFIED
CorrectorDaryusti, DaryustiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:16
Last Modified: 07 Sep 2023 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46462

Actions (login required)

View Item View Item