Kendala Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Universitas Negeri Padang dalam Perkuliahan Daring Dimasa Pandemi Covid-19.

Hesti M, Hesti M (2023) Kendala Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Universitas Negeri Padang dalam Perkuliahan Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_HESTI M_17061091_3600_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit akibat virus corona jenis baru yang muncul pada akhir 2019 pertama kali di Wuhan, Cina yang saat ini menyebabkan pandemi hampir di seluruh dunia. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah untuk memperkecil kasus penularan Covid-19. Tak terpungkiri salah satunya adalah kebijakan belajar online, atau dalam jaringan (daring) untuk seluruh siswa/i hingga mahasiswa/i karena adanya pembatasan sosial. Tidak sedikit dampak yang dirasakan mahasiswa Departemen Teknik Sipil ketika diharuskan kuliah online atau daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Kendala Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) Universitas Negeri Padang dalam Perkuliahan Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 60 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FT-UNP angkatan 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kendala mahasiswa dalam perkuliahan daring ditinjau dari ketersediaan fasilitas adalah 66,6% (cukup), ditinjau dari pendidik (dosen) adalah 65,9% (cukup), ditinjau dari ekonomi adalah 63,4% (cukup), ditinjau dari motivasi belajar adalah 67,8% (cukup). Kendala yang terbanyak dialami oleh mahasiswa dalam perkuliahan daring adalah motivasi belajar yaitu 67,8% (cukup), seperti dalam pengumpulan tugas yang tidak tepat waktu, banyaknya mahasiswa yang bermain game onlline dan membuka sosial media ketika perkuliahan daring berlangsung dan sebagian mahasiswa merasa bosan pada saat perkuliahan daring karena tidak adanya interaksi secara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndayono, TotohUNSPECIFIED
CorrectorYustisia, HennyUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERKULIAHAN DARING, PANDEMI COVID-19, TEKNIK BANGUNAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:48
Last Modified: 06 Sep 2023 08:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46449

Actions (login required)

View Item View Item