Pengembangan Media Video Tutorial Untuk Materi Tari Tradisional pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Menengah Pertama

Haryani, Hafiidha Gusti (2023) Pengembangan Media Video Tutorial Untuk Materi Tari Tradisional pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Menengah Pertama. Masters thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_HAFIIDHA_GUSTI_HARYANI_21161018_943_2023 (8 Feb).pdf

Download (772kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis proses pengembangan, tingkat validitas, tingkat praktikalitas dan tingkat efektivitas pengembangan media video tutorial untuk materi tari tradisional pada pelajaran Seni Budaya di Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Instrumen penelitian ini adalah studi pendahuluan, validasi ahli dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket. Ada tiga teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil pengembangan produk yakni analisis hasil validasi, reliabilitas dan analisis data tanggapan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media video tutorial pada materi tari tradisional menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan analysis (menganalisis), design (mendisain), develop (mengembangkan), implement (melaksanakan), evalualte (menilai). Berdasarkan validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dapat diketahui hasil reliabilitas kelayakan materi yaitu 89% atau baik, hasil reliabilitas kelayakan media yalitu 73% atau baik dan hasil reliabilitas kelayakan bahasa yaitu 89% atau baik. Hasil respon siswa secara keseluruhan menunjukan tanggapan sangat baik karena digunakan tanpa kendala yang berakibat fatal dan dapat digunakan oleh siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama sterhadap penggunaan media video tutorial pada materi tari tradisional yaitu tari andun pada pelajaran seni budaya. Hasil uji efektivitas pada pengembangan media video tutorial ditemukan banyak siswa yang menyukai pelajaran seni budaya, siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar dengan menggunakan media video tutorial, siswa cenderung aktif dalam belajar dan rasa ingin tahunya bertambah. Dapat dilihat juga dari lembar observasi yang mana ketertarikan siswa untuk belajar dengan media video tutorial meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorElida, ElidaUNSPECIFIED
CorrectorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorHakim, RamalisUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Sep 2023 13:56
Last Modified: 05 Sep 2023 13:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46406

Actions (login required)

View Item View Item