Pengembangan E-Modul Fisika Teritegrasi Video Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa

Marzuki, Yumelda (2023) Pengembangan E-Modul Fisika Teritegrasi Video Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Masters thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_YUMELDA_MARZUKI_19175019_19175019_2278_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat di berbagai bidang telah menimbulkan dampak pada lingkungan, baik yang berdampak positif maupun negatif. Salah satu dampak negatif adalah kurangnya kesadaran manusia mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Faktanya bahan ajar yang digunakan masih minimnya mengkaitkan pembelajaran fisika secara kontekstual sehingga siswa belum mengalami secara langsung konsep dalam kehidupan sehari-hari dan masih rendahnya literasi lingkungan siswa. Salah satu solusinya adalah dalam mengembangakan e-modul fisika terintegrasi video berbasis CTL untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Tujuan penelitian pengembangan adalah menghasilkan e-modul fisika terintegrasi vidio berbasis CTL untuk Fisika SMA kelas XI semester 2 pada materi alat optik dan pemanasan global yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan literasi lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), menggunakan desain ADDIE dengan tahapan analysis, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen yang dikembangkan berupa instrumen validitas, praktikalitas guru dan siswa, evektivitas dengan melihat meningkatnya literasi siswa. Data penelitian ini berupa data studi pendahuluan yang dikumpulkan menggunakan wawancara dan angket. Data validasi ahli dikumpulkan dengan angket. Data uji coba literasi lingkungan dikumpulkan dengan tes essay dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan bahwa tingkat validitas e-modul fisika terintegrasi video berbasis CTL memperoleh kategori sangat valid oleh ahli pembelajaran dengan nilai 90,89. Tingkat praktikalitas e-modul fisika terintegrasi video berbasis CTL memperoleh kategori sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai berturut-turut 83,14 dan 86,61. Tingkat efektivitas e-modul fisika terintegrasi video berbasis CTL memperoleh kategori sedang untuk meningkatkan literasi lingkungan dengan nilai n-gain 0,59. Namun mengetahui apakah penggunaan e-modul fisika terintegrasi video berbasis CTL untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa secara efektif atau tidak, maka perlu dilakukan uji paired sample t test Nilai 0.000 ini lebih kecil dari 0.05 atau 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji hipostesis dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi lingkungan siswa setelah di berikan perlakuan menggunakan e-modul fisika terintegrasi video berbasis CTL.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Modul, Validasi, Pratikalitas, Evektifivitas, Literasi lingkunga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Sep 2023 13:55
Last Modified: 05 Sep 2023 13:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46402

Actions (login required)

View Item View Item