Pengembangan Aplikasi Canva dan Powtoon melalui Media Video Pembelajaran pada Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas Xi Ips Sman 8 Padang

Azizah, Devrina Nur (2023) Pengembangan Aplikasi Canva dan Powtoon melalui Media Video Pembelajaran pada Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas Xi Ips Sman 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_DEVRINA_NUR_AZIZAH_19045007_4155_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan pendefinisian (define) berdasarkan analisis kebutuhan, analisis kurikulum materi pelajaran, dan analisis peserta didik, 2) mengetahui kelayakan perancangan (design) berdasarkan penentuan softer canva dan powtoon, rancangan materi dan pembuatan video pembelajaran, 3) mengetahui kelayakan pengembangan (development) berdasarkan uji validasi dan uji praktikalitas, 4) mengetahui kelayakan penyebaran (disseminate) berdasarkan penyebaran hasil produk video pembelajaran melalui whatsapp dan google drive dalam pengembangan aplikasi canva dan powtoon melalui media video pembelajaran pada materi mitigasi bencana alam di kelas XI IPS SMAN 8 Padang Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Research and Development R&D dengan model pengembangan yaitu 4-D terdiri dari empat tahapan seperti pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Populasi seluruh kelas XI IPS SMAN 8 Padang dengan sampel kelas XI IPS 1 SMAN 8 Padang berjumlah 31 siswa. Teknik pengembilan sampel menggunakan teknik puposive sampling, teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, dan wawancara sementara teknik analisis data angket melalui uji Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sinergi aplikasi canva melalui video pembelajaran powtoon pada materi mitigasi bencana alam di kelas XI IPS SMAN 8 Padang khususnya kelas XI IPS 1 memperoleh skor dan persentase : 1) ahli materi memperoleh kategori layak dengan skor 2,91 dan persentase 77%, 2) ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan skor 4,0 dan persentase 100%, 3) ahli bahasa memperoleh kategori sangat layak dengan skor 3,91 dan persentase 98%, 4) penilaian oleh guru memperoleh kategori sangat layak dengan skor 3,28 dan persentase 82% dan penilaian kelas XI IPS 1 memperoleh kategori sangat layak dengan skor 3,53 dan persentase 84%. Perolehan kategori layak dalam hal ini juga dapat di buktikan melalui hasil ulangan harian siswa kelas XI IPS 1 setelah melakukan uji coba penerapan video pembelajaran mengalami peningkatakan 60% dari sebelumnya, dimana hasil sebelumnya memperoleh nilai rata-rata 49,90 menjadi 82,80 dengan selisih 30,9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI CANVA DAN POWTOON, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Sep 2023 13:54
Last Modified: 05 Sep 2023 13:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46392

Actions (login required)

View Item View Item