Pengembangan Desain Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Etnomatematika Batik Tanah Liek Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik

Eviyanti, Ririn (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Transformasi Geometri Berbasis Etnomatematika Batik Tanah Liek Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Masters thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_RIRIN_EVIYANTI_20205029_480_2023_(27 Jan).pdf

Download (419kB) | Preview

Abstract

Hasil studi literatur dan studi pendahuluan menyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi transformasi geometri tergolong rendah. Hal ini disebabkan pada pengajaran guru yang terlalu fokus pada buku teks. Sementara penyajian materi transformasi geometri pada buku teks belum optimal dan kurang berkontribusi terhadap perkembangan belajar peserta didik terutama pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Oleh karena itu, dirancanglah suatu disain pembelajaran transformasi geometri berbasis etnomatematika batik tanah liek dengan pendekatan RME yang diimplementasikan pada buku guru dan buku siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggabungkan dua jenis design research yaitu model Plomp dengan Gravemeijer dan Cobb. Disain model Gravemeijer dan Cobb digunakan pada fase pengembangan alur pembelajaran. Untuk mengimplementasikan alur pembelajaran maka dirancang buku guru dan buku siswa dengan menggunakan rancangan design research Plomp. Hasil penggabungan kedua model tersebut maka fase penelitian terdiri dari: fase investigasi awal, fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan teknik deskriptif, yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas disain pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan: tes awal dan tes akhir, lembar observasi, lembar wawancara, angket dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disain pembelajaran berupa buku guru dan buku siswa yang dirancang sudah valid, praktis dan efektif. Dikatakan valid karena telah memenuhi karakteristik kevalidan baik segi isi maupun konstruk. Dikatakan praktis karena produk ini mudah untuk digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan sangat efisien, sangat menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran transformasi geometri. Selanjutnya dikatakan efektif karena penggunaan disain ini memberikan dampak potensial terhadap kemampuan kkomunikasi matematis peserta didik pada topik transformasi geometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorArnawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorArnellis, ArnellisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Etnomatematika, Batik Tanah Liek, Transformasi Geometri, Kemampuan Komunikasi Matemati
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:46
Last Modified: 04 Sep 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46359

Actions (login required)

View Item View Item