Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berbatuan Quick Response Code untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP

Himmah, Nidaul (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berbatuan Quick Response Code untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP. Masters thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_NIDAUL_HIMMAH_20205021_2533_2023_(21 Mar).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Satu diantara kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik pada kurikulum 2013 adalah kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan upaya seseorang untuk menyelesaikan masalah matematika rutin dengan yang diajarkan di kelas dan masalah non rutin dengan menggunakan logika dan penalaran dalam menyelesaikan masalah. Namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan QR Code yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menerapkan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahap, yaitu pendahuluan, tahap pengembangan prototipe dan tahap penilaian. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis discovery learning berbantuan QR Code yang memenuhi kriteria “Sangat Valid” dengan nilai validitas RPP mencapai 3,54 dan nilai validitas LKPD mencapai 3,55. Perangkat pembelajaran RPP yang digunakan juga memenuhi kriteria “Sangat Praktis” dengan nilai 3,52 dan LKPD memenuhi nilai praktikalitas 3,47 dengan kriteria “Sangat Praktis”. Produk perangkat pembelajaran yang diimplementasikan juga telah efektif dengan rata-rata persentase sebesar 87% karena memberikan dampak terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan QR Code untuk peserta didik kelas VIII SMP dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, QR Code, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pengembangan Plomp.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:19
Last Modified: 04 Sep 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46358

Actions (login required)

View Item View Item