Hubungan Aktif Berorganisasi terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Zharbaini, Fauzan (2023) Hubungan Aktif Berorganisasi terhadap Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Tekniik.

[img]
Preview
Text
B1_9_FAUZAN_ZHARBAINI_17073013_1453_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat hubungan keaktifan berorganisasi dengan indeks prestasi komulatif mahasiswa Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk menggambarkan hubungan aktif berorganisasi terhadap hasil akademik mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang secara mendalam dan komprehensif. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif yang aktif berorganisasi. Populasi mahasiswa Departemen yang aktif berorganisasi 53 orang, Teknik Pengambilan sample jika populai kurang dari 100 orang, maka jumlah sampelnya diambil secara keseluruhan, tetapi jika populasinya lebih besar dari 100 orang maka bisa diambil 10-15% atau 20-25%. jumlah sampel uji coba penelitian diambil sebanyak 30 responden, sedangkan pengumpulan data penelitian diambil sampel sebanyak 53 orang. Instrumen teknik pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dengan memanfaatkan Google Form, untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pengumpulan data. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif dengan melakukan uji normalitas, homogenitas, linearitas dan Uji tmenggunakan aplikasi SPSS 26 Berdasarkan nilai signifikan (sig) diperoleh nilai Deviation from liniearity sig. adalah 0,396 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikan antara variabel aktif berorganisasi (X) deangan Indeks prestasi komulatif (Y).Disimpulkan hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan aktif organisasi dengan IPK mahasiswa teknik otomotif fakultas teknik UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Dwi SudarnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ORGANISASI MAHASISWA, INDEKS PRESTASI, TEKNIK OTOMOTIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:18
Last Modified: 04 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46356

Actions (login required)

View Item View Item