Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan E-Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas XI

Hamidah, Hamidah (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan E-Modul untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Kelas XI. Masters thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_HAMIDAH_20205042_1469_2023 (15 feb.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil studi literatur dan tes awal menyatakan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik belum optimal. Hal ini disebabkan karena perangkat pembelajaran yang belum mampu memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Padahal kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kompetensi dalam belajar matematika yang penting dikuasai oleh peserta didik. Oleh sebab itu, dirancanglah suatu perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan e-modul yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian pendahuluan (preliminary research); tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase); dan tahap penilaian (assessment phase). Sementara itu, kualitas hasil perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada kriteria yang dikemukakan Nieveen yaitu kevalidan (validity), kepraktisan (practicality), dan keefektifan (efectiveness). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik menggunakan e-modul sudah valid, praktis, dan efektif. Dikatakan valid karena telah memenuhi karakteristik kevalidan baik segi isi maupun konstruk. Dikatakan praktis karena produk ini mudah untuk digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan efisien, menarik, dan berkontribusi terhadap pembelajaran. Selanjutnya dikatakan efektif karena berhasil meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Koneksi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:50
Last Modified: 04 Sep 2023 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46351

Actions (login required)

View Item View Item