Pengembangan Handout FIiska Berbentuk Komik Teritegrasi nilai-nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas x Materu Gerak

Handayani, Fitria (2023) Pengembangan Handout FIiska Berbentuk Komik Teritegrasi nilai-nilai Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas x Materu Gerak. Masters thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_FITRIA_HANDAYANI_19175004_2625_2023.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran abad 21 berdampak signifikan di bidang pendidikan. Salah satunya pada pembelajaran sains. Pembelajaran sains yang menggunakan bahan ajar untuk mengembangkan karakter siswa dengan menggunakan handout antara lain sebagai bagian dari program sains. Alhasil, handout dapat digunakan untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran dengan membantu mengembangkan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis keterampilan. Untuk meningkatkan keefektifan proses sains bagi anak kelas X SMA, alternatif solusinya adalah dengan mengembangkan handout berbentuk komik teirntegrasi nilai-nilai Pendidikan karakter Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan tiga hasil penelitian. Tiga temuan studi dapat ditarik dari analisis yang telah dilakukan. Pertama, nilai 83,4 pada materi fisika berupa komik nilai pendidikan karakter terpadu adalah sah dan standar yang baik. Kedua, guru dan siswa yang memberikan materi fisika berupa komik pendidikan karakter terpadu memperoleh nilai skor 91,9 dan 90,7 dengan kriteria baik dinilai praktis. Ketiga, handout KPS fisika berupa komik terpadu nilai-nilai pendidikan karakter bermanfaat. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat dikatakan bahwa handout ala komik yang mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter pada pokok bahasan gerak untuk keterampilan proses sains anak kelas X SMA memenuhi syarat sahih, berdaya guna, dan berdaya guna.Pertama, handout fisika berupa komik terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter dinyatakan valid dengan nilai 83,4 yang merupakan kriteria baik. Kedua, handout fisika berbentuk komik terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter praktis menurut guru dan siswa dengan skor 91,9 dan 90,7 dengan kriteria sangat baik. Ketiga, handout fisika berbentuk komik terintegrasi nilai-nilai pendidikan karakter efektif untuk keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa handout berupa komik fisika terintgerasi nilai-nilai pendidikan karakter tema gerak untuk keterampilan proses sains siswa kelas X SMA memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazi, PakhrulUNSPECIFIED
CorrectorHamdi, HamdiUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Handout Fisika, Komik, Nilai Pendidikan Karakter, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2023 09:01
Last Modified: 01 Sep 2023 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46335

Actions (login required)

View Item View Item