Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Transformasi Geometri Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP

Filda, Dara (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Transformasi Geometri Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP. Masters thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_03_DARA_FILDA_17205055_1890_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Transformasi geometri adalah salah satu topik yang sulit dipahami peserta didik. Kondisi ini ditunjukkan dari hasil belajar di kelas IX SMP yang belu optimal. Salah satu penyebabnya adalah konsep-konsep yang dipelajari siswa belum dibangun secara runtut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain pembelajaran transformasi geometri berbasis RME untuk memberi pemahaman serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaianmelalui tahap-tahp evaluasi formatif. Subjek uji lapangan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 3 Koto Kampar Hulu. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi buku guru, buku siswa, angket respon guru, angket respon siswa. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrument terlebih dahulu divalidasi olehh validator. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran untuk topik transformasi geometri dengan pendekatan RME. Desain pembelajaran yang dikembangkan berupa alur belajar yang memuat tujuan pembelajaran, aktivitas dan prediksi jawaban siswa yang diimplementasikan melalui buku guru dan buku siswa. Hasil yang didapatkan dari uji coba yang dilakukan pada tahap implementasi di kelas terlihat bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan dapat menumbuhkan sikap positif yaitu siswa senang belajar, semakin kreatif, siswa mulai terbiasa bernalar, dan interaksi siswa meningkat. Dari penelitian ini telah dihasilkan desain pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Valid dari segi isi dan bahasa. Praktis dari segi keterlaksanaan, kemudahan dan waktu yang diperlukan. Efektif dari segi dampak kemampuan penalaran matematis peserta didik. Desain ini memuat hasil berupa LIT untuk pembelajaran transformasi geometri, yaitu: menemukan sifat-sifat refleksi, menggambarkan bayangan hasil refleksi, mencatat titik awal dan titik akhir, menemukan rumus.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Transformasi Geometri, Desain pembelajaran, Realistic Mathematics Education, dan HLT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 01 Sep 2023 09:00
Last Modified: 01 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46333

Actions (login required)

View Item View Item