Penggunaan Strategi Pembelajaran Outdoor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menggambar Model Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Handayani, Widya (2023) Penggunaan Strategi Pembelajaran Outdoor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menggambar Model Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_WIDYA_HANDAYANI_18020104_1970_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan motivasi belajar menggambar model siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutera dengan menggunakan strategi pembelajaran outdoor. 2) Meningkatkan hasil belajar menggambar model siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutera dengan menggunakan strategi pembelajaran outdoor. Jenis penelitian dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Class room action research). Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutera. Prosedur penelitian ini berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi angket dan tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar angket motivasi siswa, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan setelah penggunaan strategi pembelajaran outdoor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan rata-rata skor pada prasiklus 46% menjadi 52% pada siklus I. Peningkatan motivasi pada siklus II dengan rata-rata skor 81%. 2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah penggunaan strategi pembelajaran outdoor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan persentase siswa yang tuntas pada prasiklus 42% pada siklus I persentase siswa yang tuntas 75%. Kemampuan siswa terus menunjukkan peningkatan pada siklus II dengan persentase siswa yang tuntas 97%. Berdasarkan hasil temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran outdoor dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sutera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
CorrectorHafiz, AbdUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:25
Last Modified: 30 Aug 2023 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46227

Actions (login required)

View Item View Item