Florina, Nola
(2023)
Pengaruh Model Flipped Classroom dan Motivasi Belajar terhadap
Keterampilan Menulis Proposal Kegiatan Siswa Kelas XI.
Masters thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan siswa dalam menulis proposal kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan perbedaan hasil keterampilan menulis proosal kegiatan antara siswa yang diajar menggunakan model flipped classroom dengan siswa yang diajar dengan model konvensional; (2) menjelaskan perbedaan keterampilan menulis proposal kegiatan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model flipped classroom dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan model konvensional; (3) menjelaskan perbedaan keterampilan menulis proposal kegiatan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model flipped classroom dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model konvensional; (4) menjelaskan interaksi antara model flipped
classroom dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis proposal kegiatan siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah factorial design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas XI IIS 3 dan kelas XI IIS 4. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sample. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri atas dua instrumen, yaitu tes unjuk kerja dan lembar angket.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran flipped classroom mempengaruhi keterampilan menulis proposal kegiatan siswa kelas XI SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Pengaruh tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, hasil tes keterampilan menulis proposal kegiatan siswa yang diajar dengan menggunakan model flipped classroom lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Kedua, keterampilan menulis proposal kegiatan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan model flipped classroom lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Ketiga, keterampilan menulis proposal kegiatan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan menggunakan model flipped classroom lebih tinggi daripada keterampilan
menulis proposal kegiatan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan model konvensional. Keempat, tidak terdapat interaksi antara model flipped classroom dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis proposal kegiatan siswa.
Actions (login required)
|
View Item |