Representasi Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Sopan Santun Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir Kabupaten Bengkalis

Jannah, Isna Nur (2023) Representasi Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Sopan Santun Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir Kabupaten Bengkalis. Masters thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_02_ISNA_NUR_JANNAH _20174015_74_2023 (3 Jan).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan representasi pematuhan prinsip kerja sama siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir, (2) mendeskripsikan representasi pelanggaran prinsip kerja sama siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir, (3) mendeskripsikan representasi pematuhan prinsip sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir, (4) mendeskripsikan representasi pelanggaran prinsip sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir, (5) menjelaskan faktor yang melatarbelakangi prinsip kerja sama dan prinsip sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Data penelitian ini adalah berupa tuturan yang digunakan siswa yang menunjukkan adanya pemtuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama serta pematuhan dan pelanggaran prinsip sopan santun di SMA Negeri 5 Pinggir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian prinsip kerja sama dan prinsip sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir sebagai berikut. (1) Pematuhan prinsip kerja sama siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir diperoleh temuan, yaitu Maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan, dan maksim cara. Pematuhan prinsip kerja sama uyang dominan adalah maksim hubungan. (2) Pelanggaran prinsip kerja sama siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA negeri 5 Pinggir diperoleh temuan, yaitu maksim kuantitas dan maksim hubungan. Pelanggaran prinsip kerja sama yang dominan adalah maksim kuantitas. (3) Pematuhan prinsip sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir diperoleh temuan, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim kesimpatian. Pematuhan prinsip sopan santun yang dominan adalah maksim kesepakatan. (4) Pelanggaran prinsip sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Pinggir diperoleh temuan, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kesepakatan dan maksim kesimpatian. Pelanggaran prinsip sopan santun yang dominan adalah maksim kesepakatan. (5) Faktor yang melatarbelakangi terjadinya pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip sopan santun siswa yaitu perkembangan usia. Hal ini terjadi karena pada masa remaja sikap, perasaan dan emosi siswa yang tidak stabil sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:53
Last Modified: 30 Aug 2023 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46206

Actions (login required)

View Item View Item