Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Mata Kuliah Mekanika Teknik Departemen Teknik Mesin FT UNP.

Fortuna, Aprilla (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Mata Kuliah Mekanika Teknik Departemen Teknik Mesin FT UNP. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat mempengaruhi aspek pendidikan pada sarana prasana khususnya media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan interaktif. Media pembelajaran bertujuan menarik minat dan motivasi belajar peserta didik dalam menumbuhkan tingkat kognitif terhadap pemahaman proses pembelajaran. Oleh karena itu, pemanfaatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi memberikan gambaran dunia maya dalam bentuk proyeksi objek virtual 3D tentang mekanika teknik secara interaktif, immersion, dan realtime. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada mata kuliah Mekanika Teknik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata indikator validasi materi diperoleh hasil 88,48% dengan kategori sangat valid, uji validasi ahli media hasil diperoleh sebesar 89,26% dengan kategori sangat valid, uji validasi ahli bahasa yang diperoleh sebesar 87,41% dengan kategori sangat valid.Perolehan rata-rata keseluruhan uji praktikalitas pada respon dosen sebesar 90,28% dengan kategori sangat praktis, uji praktikalitas pada respon mahasiswa sebesar 81,64% dengan kategori praktis. Dapat disimpulkan hasil validasi dan praktikalitas telah teruji dengan baik dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran Mekanika Teknik. Luaran yang diharapkan dari pengembangan media pembelajaran yaitu: Artikel Ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Internasional Bereputasi serta dimuat dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual sebagai bentuk perlindungan hak kepemilikan dari media pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorKurniawan, AndreUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, AUGMENTED REALITY, MEKANIKA TEKNIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:53
Last Modified: 30 Aug 2023 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46204

Actions (login required)

View Item View Item