Pengaruh Penggunaan Peta Konsep dalam Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 1 2x11 Enam Lingkung

Mutya, Dian (2023) Pengaruh Penggunaan Peta Konsep dalam Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DIAN_MUTYA_18033057_1547_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung pada satuan pendidikan memerlukan strategi guna mencapai tujuan pembelajaran. Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 2x11 Enam Lingkung kelas XI IPA masih belum mencapai ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan oleh sekolah. Fakta tersebut berkaitan dengan motivasi dan minat belajar peserta didik yang rendah serta model pembelajaran yang ditetapkan belum terlaksana dengan maksimal dan kurang sesuai dengan karakter peserta didik. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut ialah dengan menerapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) yang diiringi dengan pembuatan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan peta konsep dalam model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian yang dilakukan ialah Quasy Eksperimental Design dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen untuk memperoleh data penelitian ialah tes tertulis berupa posttest. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian didasarkan pada analisis uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t. Pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 2,14 lebih besar dari ttabel = 1,67 sehingga Hi diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan peta konsep dalam model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN 1 2x11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Aug 2023 00:47
Last Modified: 30 Aug 2023 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46196

Actions (login required)

View Item View Item